10 Aplikasi Edit Video di PC Paling Recomended Versi TeknologiEdu

By TeknologiEdu.com

Updated on:

Aplikasi Edit Video

TeknologiEdu.com – Beragam aplikasi edit video banyak digunakan para content creator untuk menambah kesan menarik pada video mereka. Seperti yang kita tahu, saat ini program video semakin dinikmati masyarakat, terutama di Indonesia.

Dengan hadirnya YouTube, Instagram, hingga TikTok, banyak orang yang tertarik untuk mencoba membuat konten-konten dengan basis video. Untuk membuat video yang bagus, seorang content creator tentunya memerlukan aplikasi edit video.

Tanpa software atau aplikasi edit video, content yang dibuat menjadi tidak menarik. Karena itu teknologiedu memiliki beberapa rekomendasi software atau aplikasi edit video yang bisa kamu gunakan.

10 Aplikasi Edit Video Paling Recomended

Berikut ini teknologiedu berikan rekomendasi 10 software editing video terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video agar lebih menarik.

Namun, aplikasi edit video yang disarankan pada ertikel kali ini hanya dapat kamu gunakan di laptop saja. Mau tahu apa saja? berikut aplikasi atau software edit video terbaik di laptop versi teknologiedu.

1. Windows Movie Maker

Aplikasi Edit Video

Software editing video pertama yang menjadi rekomendasi adalah Windows Movie Maker. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang hanya diperuntukkan bagi pengguna Windows dan hanya diberikan khusus untuk pengguna Windows 7.

Sebagai software gratisan, Windows Movie Maker memiliki kualitas yang terbilang sangat standar namun tetap worth it sebagai aplikasi edit video yang bagus, keren, dan penuh dengan kreativitas. Ia dapat membuat video dengan format AVI, MPEG, WMV dan beberapa format lainnya.

Tidak hanya itu, pengoperasiannya juga tidak rumit karena interfacenya yang ringkas. Tak heran jika aplikasi ini sangat cocok digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Meski demikian, fitur-fitur di dalamnya juga terbilang menarik.

Bagi kamu yang menggunakan OS Windows, aplikasi ini sangat direkomendasikan. Namun sayang, pihak Windows telah menghentikan software ini. Tetapi jangan khawatir, kamu masih bisa mencari instalasinya kok di internet.

2. Adobe Premiere Pro

Aplikasi Edit Video

Aplikasi edit video yang menjadi rekomendasi selanjutnya adalah Adobe Premier Pro. Adobe memang menjadi vendor yang cukup terkenal dalam mengembangkan aplikasi dan software editing. Salah satu aplikasi populer yag dirilisnya bernama Adobe Premiere Pro. Kemampuan aplikasi ini untuk menghasilkan video yang keren memang tidak perlu diragukan lagi.

Dengan fiturnya yang lengkap, aplikasi ini memang ditargetkan untuk mereka yang sudah mempunyai skill dalam mengedit video. Namun, bagi kamu yang masih pemula juga bisa untuk mencoba menggunakannya, kok.

Tak heran jika sudah banyak para profesional yang mengandalkan produk Adobe yang satu ini. Fitur-fitur editing di dalamnya cukup lengkap dan mudah digunakan. Kamu bisa mengandalkannya mulai untuk keperluan sederhana, misalnya capture, titler, dan trim.

Akan tetapi, bagi yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini memang akan sedikit membingungkan dikarenakan fiturnya yang banyak. Namun jika kamu sudah terbiasa menggunakan dan menguasainya, harusnya kamu sudah dapat menguasai skill mengedit video apapun dengan mudah.

Adobe premier pro memang diakui Mintekno sebagai salah satu aplikasi edit video yang cukup rumit. Kendati demikian, aplikasi ini memiliki kumpulan fitur menarik yang menunjangnya untuk mengedit video agar lebih keren. Kamu bisa mendapatkan video berkualitas tinggi, bahkan sampai yang beresolusi 4K. Tidak hanya itu, format yang didukung pun cukup banyak karena codec yang terbilang lengkap.

Hal ini berbeda dengan software editing video lainnya yang terkadang memiliki format penyimpanan terbatas. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan banyak efek unik untuk video editing. Hanya saja, aplikasi ini kemungkinan memang kurang ramah untuk pemula. Kamu harus mempelajarinya secara perlahan agar semakin mahir dalam mengoperasikan menu-menu di dalamnya yang cukup rumit.

3. Sony Vegas Pro

Aplikasi Edit Video

Sony Vegas Pro adalah aplikasi edit video yang dirilis oleh vendor Sony. Bagi kamu yang sudah memiliki kemampuan profesional dalam mengedit video, aplikasi ini lebih disarankan untuk kamu gunakan. Mengingat fitur-fitur di dalamnya cukup kompleks dan membutuhkan teknik khusus dalam pengoperasiannya.

Sebuah alternatif lain jika kamu ingin menghindari Adobe Premiere Pro. Sony Vegas memiliki user interface editing video berbasis timeline layaknya Premiere, tapi efek dan fitur transisinya bisa terbilang baik.

Walau begitu, jika kamu sudah cukup familiar dengan editing video, maka aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk membuat video yang keren. Sony Vegas Pro memang sangat disarankan bagi para content creator. Salah satu fitur yang banyak disukai dari aplikasi ini adalah fitur animasi yang sudah tersedia dan otomatis digunakan untuk editing video.

Jadi, kamu yang suka membuat efek animasi pada konten videomu, tidak perlu repot-repot membuat animasi sendiri saat membutuhkannya. Tak hanya itu, import dan export-nya juga tergolong sangat baik, hingga kamu tidak perlu khawatir stres. Sayangnya, sebagai aplikasi profesional, aplikasi video editing ini tidak tersedia secara gratis sehingga kamu perlu membeli lisensinya terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya.

4. LumaFusion

Aplikasi Edit Video

Aplikasi selanjutnya yang direkomendasikan untuk video editing adalah LunaFusion. Aplikasi ini juga disarankan bagi kamu yang sudah memiliki skill mengedit video dengain baik. Di dalam deskripsinya tertulis, LumaFusion digunakan untuk para profesional dalam meng-edit video bagi karya mereka.

Akan tetapi, LunaFusion tetap memberikan kemudahan bagi semua penggunaannya. Mungkin bagi kamu yang masih pemula, seharusnya aplikasi ini masih cukup mudah dan tidak memiliki kesulitan untuk menggunakannya.

Sebagai aplikasi profesional, LumaFusion mampu memberikan kualitas gambar tingkat tinggi, disertai dengan opsi efek yang cukup beragam. Banyak conten creator seperti YouTuber yang sekarang menggunakan aplikasi ini karena dinilai dapat meningkatkan kualitas video mereka.

Permasalahannya, LumaFusion sejauh ini hanya diperuntukkan untuk pengguna iOS dan untuk menggunakannya, kamu perlu membayar setidaknya seharga Rp300 ribu.

5. AVS Video Editor

Software Edit Video

AVS Video Editor adalah aplikasi edit video yang sangat mudah digunakan dan cocok bagi kamu yang masih pemula dalam dunia editing video. Aplikasi ini bisa menjadi pilihan jika kamu mencari aplikasi edit video di laptop atau komputer yang ringan dan sederhana.

AVS Video Editor ini banyak digunakan bagi mereka yang memiliki PC/laptop dengan spesifikasi pas-pasan. Salah satu kelebihan dari AVS Video Editor ini adalah adanya fitur video cache.

Dengan adanya fitur video cache ini memungkinkan penggunanya mengedit video dengan resolusi Full-HD sehingga dapat memanjakan mata. Tidak hanya itu, dari segi kecepatan editingnya pun patut diacungi jempol. Selain itu, aplikasi ini bisa memisahkan video, menyematkan audio, memotong, memberikan teks, dan lain sebagainya.

Tersedia 300 efek transisi yang dapat membuat video kamu jadi lebih atraktif dan menarik. Bagi yang ingin membuat video keren tanpa terlalu membebani memori, aplikasi ini layak dipilih sebagai video editing andalan.

6. Corel Video Studio

Kemudian ada aplikasi edit video yang bernama Corel Video Studio. Tidak hanya Adobe, sebagai vendor, Corel juga dikenal sebagai pihak penyedia aplikasi edit video untuk PC. Salah satu produknya yang terkenal adalah Corel Video Studio.

Tidak hanya untuk yang sudah profesional dalam bidang video editing, Corel Video Studio juga sangat cocok bagi kamu yang baru belaja mengedit video. Kendati demikian, tampilan dalam proses editingnya terbilang sederhana dan fitur di dalamnya juga mudah dimengerti. Meski interfacenya ringan, fitur-fitur di dalamnya termasuk canggih lho Sobat Tekno.

Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah clearer audio, freeze frame, efek, creativity options, XAVC.S, convert titles to alpha channel, score filter, media library management, screen capture, 4K hardware acceleration, dan lain sebagainya.

Dengan adanya fitur clearer audio, suara di video kamu edit akan membuatnya lebih jernih dan jelas. Dengan demikian, bisa sesuai dengan keinginan. Sayangnya, aplikasi ini tidak tersedia secara gratis. Jadi, kamu harus membeli lisensinya dahulu agar bisa menggunakannya untuk mengedit video.

7. Avidemux

Jika beberapa aplikasi edit video yang sudah disebutkan di atas berbayar, maka Avidemux adalah aplikasi edit video PC yang keren dan gratis digunakan. Walaupun gratis, fitur-fitur pada aplikasi ini tidak bisa diremehkan, lho, Sobat. Selayaknya aplikasi yang digunakan untuk mengedit video, Avidemux memiliki kemampuan yang mumpuni dan praktis digunakan.

Vendor Avidemux sendiri memang sengaja merancangnya sebagai aplikasi penyunting video dengan pengoperasian yang mudah. Bagi pemula, pengoperasian aplikasi ini termasuk mudah untuk menghasilkan video yang keren.

Fitur yang terdapat pada aplikasi ini pun beragam. mulai dari fitur untuk menyematkan filter, memotong, hingga pengkodean juga tersedia. Meski lebih disarankan untuk pemula, editor video yang sudah profesional di bidang video editing pun bisa menggunakan aplikasi ini.

8. Pinnacle Studio

Jika kamu membutuhkan software video editing yang mudah digunakan namun memiliki fitur yang beragam, Pinnacle mungkin bisa kamu andalkan jika ingin mulai belajar video editing. Tak kalah menarik dengan aplikasi edit video lainnya, interface pada Pinnacle Studio juga terlihat keren dan tampil profesional.

Walau terbilang sederhana, Pinnacle Studio mempunyai fitur-fitur yang cukup fungsional. Aplikasi ini juga memiliki berbagai macam fitur editing dasar yang bagus untuk dipelajari pemula. Kamu bisa membuat video berkualitas tanpa menggunakan aplikasi yang rumit.

Kamu bisa menumpahkan segala kreativitas yang kamu miliki untuk dapat mengedit video semenarik mungkin. Tidak perlu meragukan hasil editing video di dalamnya. Meskipun aplikasi ini disebut-sebut untuk pemula, namun kualitas yang diberikan sebenarnya cukup baik dan pastinya gratis, lho Sobat.

9. Lightworks

Lightworks adalah aplikasi video editing selanjutnya yang dikenal ringan namun kaya akan fitur-fitur editing. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengedit video untuk membuat video menarik tanpa langkah-langkah yang ribet. Sebut saja fitur effect, media, preview, dan timeline yang menjadi andalan editor ketika proses editing.

Kabar baiknya, aplikasi ini tersedia secara gratis sehingga kamu dapat menggunakannya tanpa harus melakukan pembelian lisensi. Dengan tampilannya yang sederhana, namun kaya akan fitur editing, Lightworks bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu bingung menggunakan aplikasi apa untuk editing video.

Dengan menggunakan aplikasi mengedit video yang tepat, kamu bisa menghasilkan video yang atraktif. Oleh karena itu, aplikasi yang sudah disebutkan di atas bisa dicoba apabila kamu sedang belajar mengedit video.

10. Final Cut

Bagi kamu pengguna PC dengan sistem operasi silain Windows, Aplikasi Final Cut in bisa kamu gunakan untuk mengedit video. Aplikasi edit video ini terbilang mirip dan sepopuler dengan Adobe Premiere. Dengan user interface yang memiliki tema gelap, akan membuat kamu lebih fokus dalam mengedit video di tempat yang gelap.

Final Cut juga dikenal sebagai aplikasi edit video yang mempunyai banyak efek. Sekedar informasi, beberapa film besar bahkan diproduksi menggunakan software ini, seperti The Social Network, 500 Days of Summer, dan lain-lain.

Penutup

Demikian 10 aplikasi atau software edit video di PC paling direkomendasikan versi TeknologiEdu yang bisa kamu gunakan. Sebelum mengedit video, tentunya pertimbangkan terlebih dahulu aplikasi atau software yang akan kamu gunakan untuk mengedit.

Related Post

Review Aplikasi SnapChat Serta Cara Menggunakannya

10 Daftar Perangkat Lunak Penting dalam Bidang Teknik Mesin

Apa Itu Outlook? Berikut Manfaat dan Fitur Unggulannya

Apa Itu ChatGPT? Berikut Informasi Lengkap dan Cara Pakainya

Tinggalkan komentar