Cara Menggunakan Ovo Points dengan Mudah

By TeknologiEdu.com

Updated on:

Cara menggunakan OVO Points

Sebagai pengguna OVO pasti Sobat Tekno tidak asing lagi dengan yang namanya OVO Points. Setiap pengguna yang melakukan transaksi di berbagai merchant rekanan OVO, biasanya pengguna OVO akan mendapatkan loyalty rewards berupa OVO Points.

OVO Points sendiri bisa langsung sobat tukarkan dengan berbagai macam penawaran menarik dari OVO atau melakukan transaksi di merchant rekanan OVO.

Sebagai platform digital pembayaran, OVO mempunyai sifat yang sama dengan E-Wallet atau dompet digital. OVO memudahkan masyarakat agar tidak perlu repot membawa uang tunai untuk membayar suatu tagihan.

Mereka cukup menggunakan smartphone dan aplikasi OVO untuk membayar tagihan atau suatu produk. Simpel bukan?

Kini Hadirnya OVO Points, bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan berbagai transaksi di OVO. Setiap satu pointnya sendiri setara dengan satu rupiah.

Semakin kamu sering melakukan transaksi, maka point yang akan kamu kumpulkan akan semakin banyak.

OVO Points memiliki berbagai kegunaan dan cara menggunakan ovo points menyesuaikan dengan merchant yang menerima pembayaran via OVO.

Cara Menggunakan Ovo Points

Berikut ini beberapa cara untuk menggunakan OVO Points. Perlu kamu ketahui, Points sendiri tidak dapat diuangkan secara tunai.

Namun, pengguna OVO hanya dapat memanfaatkan promo atau tagihan untuk menghabiskan points pada OVO Points tersebut. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan apakah Points berlaku untuk pembayaran atau tidak.

Belanja Online di Marketplace

Cara menggunakan OVO Points

Cara menggunakan OVO Points yang paling mudah adalah belanja online di marketplace. Platform pembayaran ini berdiri karena toko online dan marketplace di Indonesia semakin marak.

Mereka membutuhkan platform yang bisa mengelola pembayaran. Pihak ketiga ini juga memiliki izin dari otoritas jasa keuangan (OJK) sehingga beroperasi secara legal.

Sebelumnya, marketplace menggunakan platform pembayaran mereka sendiri. Namun, cara ini kurang praktis apalagi di sisi konsumen.

Untuk mengatasi hal tersebut, mereka bekerjasama dengan OVO termasuk memastikan OVO Points bisa digunakan. Caranyanya pun cukup mudah yaitu :

  • Pertama, kamu masuk ke marketplace lalu pilih produk yang akan kamu beli
  • Setelah memilih produk, silakan kamu isi alamat dan informasi lain yang dibutuhkan
  • Selanjutnya masuk ke area pembayaran
  • Kemudian pilih transaksi dengan OVO lalu ikutkan OVO Points
  • Setelah itu, kamu wajib memasukkan pin dan menunggu proses transaksi selesai

Setelah proses berhasil, kamu akan menerima notifikasi dari aplikasi OVO dan cek saldo Points kamu di aplikasi OVO.

Pembayaran Tagihan dengan OVO Points

Cara menggunakan OVO Points

DI aplikasi OVO banyak tersedia fitur menarik. Salah satunya adalah tagihan seperti pascabayar, paket data, pulsa, listrik, asuransi, pajak, tv kabel, dan lainnya.

Semua itu tersedia di OVO jadi kamu tidak perlu repot-repot pergi ke agen untuk membayar tagihan. Ketika kamu sering menggunakan pembayaran online menggunakan OVO, kamu akan mendapatkan OVO Points.

Jumlah semakin meningkat dan sudah mencukupi untuk membayar tagihan tertentu. Berikut cara menggunakannya.

  • Pertama, masuk ke aplikasi OVO
  • Kemudian, Pilih menu tagihan yang akan kamu bayar
  • Lengkapi semua data dan informasi
  • Sebelmnya cek kembali apakah tagihan tersebut dapat dibayar dengan OVO Points
  • Jika sudah dipastikan tagihan dapat dibayar dengan OVO Points, selanjutnya klik bayar.
  • Setelah itu, sistem akan mengurangi point dan saldo jika dibutuhkan.

Tagihan akan secara otomatis terbayar dan kamu akan mendapatkan notifikasi dari tagihan yang kamu bayar. Semua proses berlangsung di aplikasi OVO.

Bayar Transportasi dan Makanan

Cara menggunakan OVO Points

Penggunaan OVO Points selanjutnya adalah untuk melakukan pembayaran transportasi ataupun makanan. Pihak OVO sendiri memiliki kerjasama dan kontrak dengan berbagai merchant dan aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi transportasi online.

kamu mungkin sering memakainya untuk pergi kemanapun. Secara singkat, cara menggunakan ovo points untuk pembayaran ini mirip dengan transaksi di marketplace. Selama points dan saldo cukup, kamu bisa membayar secara otomatis.

  • Pertama, masuk ke aplikasi yang dimaksud dan pastikan sudah terhubung ke aplikasi OVO
  • Sistem akan melakukan verifikasi dan mengecek apakah OVO sudah terintegrasi
  • Setelah itu, pengguna dapat memesan makanan atau order transportasi online
  • Pilih sistem pembayaran dan masukkan OVO Points ke pembayaran tersebut.

Ovo points juga berguna untuk membayar promo-promo makanan dan paket. Jika Point cukup bahkan lebih, saldo tidak akan terpotong. Sebaliknya, points tidak cukup maka OVO mengambil sisanya dari saldo.

Transaksi di merchant

Merchant digital sudah banyak yang menyediakan pembayaran dengan ovo. Selain toko online dan aplikasi transportasi, kamu bisa menemukan beberapa merchant baik digital atau tidak yang bekerjasama dengan OVO. Masing-masing menyediakan produk dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Sebelum menggunakan Points yang tersedia, cek dahulu apakah produk memang bisa dibayar dengan Points. Setelah konfirmasi, kamu cukup melakukan proses pembayaran seperti bisa.

Untuk merchant digital, opsi OVO akan muncul di sistem transaksi. Untuk merchant non digital, pastikan, smartphone memiliki NFC. Inilah cara menggunakan OVO Points untuk kebutuhan  yang lain.

Mendapat voucher

Penggunaan selanjutnya adalah untuk voucher. kamu bisa membeli voucher seperti makanan, hiburan, transportasi, dan lainnya.

Voucher dijual di berbagai merchant dengan harga menarik. Ketika ingin membayar, ada menu OVO dan Points yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menemukanya langsung dan mendapatkan voucher yang kamu inginkan.

Dari penjelasan di atas, kamu mengerti bahwa OVO Points sama dengan saldo dari OVO itu sendiri. kamu mungkin bertanya mengapa Points harus dipisah dengan saldo meskipun secara prinsip adalah sama.

Points semacam reward karena melakukan transaksi atau bisa juga sebagai cashback. Pemisahan points bertujuan agar pengguna bisa melihat keuntungan langsung dari point tersebut.

Jika digabung, kamu tidak menyadari karena sudah menggunakan points sehingga tidak ada aspek spesial. kamu bisa mengerti berapa banyak points yang didapat selama melakukan transaksi.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menggunakan OVO Points. Jika kamu mempunyai cara lain yang tidak dibahas pada artikel kali ini silakan kamu dapat berkomentar di bawah.

Related Post

Cara Mengidentifikasi Tren Pasar Saham untuk Keputusan Pembelian yang Bijak

Perbedaan Antara Saham Biasa dan Saham Preferen dalam Investasi

Cara Mengatasi Risiko dalam Investasi Saham

7 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Jenis Saham yang Akan Dibeli

Tinggalkan komentar