Cara Mengubah Word ke PDF dengan Mudah tanpa Ribet!

By TeknologiEdu.com

Updated on:

Cara Mengubah Word ke PDF dengan Mudah tanpa Ribet!

Ternyata banyak orang yang belum mengetahui cara mengubah file dokumen Word ke PDF. Mungkin menurut kebanyakan orang dua file ini sama saja, namun sebenarnya keduanya memiliki karakteristik tersendiri.

Sebagai contoh, file pdf lebih bersifat permanen ketimbang file word yang biasanya dapat diedit secara lebih lanjut.  

File pdf juga dinilai lebih banyak digunakan untuk dokumen yang sifatnya tidak bisa atau tidak perlu diedit lagi karena sifatnya yang permanen. Sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk pembuatan scan ijazah, surat resmi, dan yang lainnya.

Namun, bukan berarti word minim pengguna ya, sobat Tekno. Sobat dapat menjadikan keduanya sebagai mitra andalan untuk menyelesaikan berbagai macam tugas, yang sifatnya menulis. 

Karena memang file tersebut diciptakan sebagai alat bantu menulis. Terlebih bagi sobat yang mempunyai hobi menulis atau mengerjakan tugas dari dosen misalnya, Word cukup bisa diandalkan.

Namun, seringkali kita mendapati kendala ketika sending file. Banyak pihak yang meminta file harus dalam bentuk pdf, karena memang sifat file yang sudah final.

Jika kamu masih kebingungan cara mengubah file word ke pdf, pada artikel kali ini Mintekno akan mencoba mengupas caranya. Silakan kalian perhatikan cara ini baik-baik step by stepnya jangan ada yang terlewat.

Cara Mengubah File Word Ke PDF

Cara mengubah file word menjadi pdf sebenarnya bisa dibilang cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Kamu bisa melakukannya secara cepat dan efektif hanya dalam hitungan menit.

Pada kesempatan kali ini Mintekno akan memberikan caranya dengan dua metode, yaitu mengubah dokumen Word ke PDF via online dan offline.

Cara Ubah Dokumen Word ke PDF Via Online

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah dokumen word ke PDF secara online adalah dengan membuka Google Drive.

Google Drive sendiri merupakan layanan cloud dari induk teknologi bernama Google. Di mana layanan Google Drive ini bisa kamu gunakan untuk menyimpan berbagai macam file ataupun dokumen dengan format yang beragam. 

File yang bisa kamu simpan di Google Drive dapat berupa foto, musik, video, dan yang lainnya. Selain memiliki fungsi sebagai media penyimpanan, G-Drive juga bisa kamu optimalkan untuk mengedit sejumlah data. Termasuk pilihan untuk mengkonversikan word ke pdf. Berikut step by step yang bisa kamu terapkan. 

  • Pertama, Login menuju akun G-Drive kamu di drive.google.com dengan akun google kamu
  • Upload dokumen word kamu yang ingin diubah ke format PDF

  • Buka file yang telah kamu upload dengan cara dobel klik pada file yang ingin kamu edit formatnya. Di poin ini, kamu akan melihat tampilan file yang terbuka di tab baru, yakni di dalam halaman editor milik google docs.

  • Selanjutnya, klik tulisan File kemudian cari opsi Download As dan pilih PDF Document
  • Terakhir, download file pdf di folder yang kamu siapkan.

Setelah file PDF di download, maka cara ubah dokumen word ke PDF secara online melalui Google Drive berhasil kamu lakukan.

Cara Ubah File Word Menuju Pdf Via offline

Repot lakukan cara mengubah word ke pdf dengan sistem online? Tak usah bingung, kamu juga bisa kok mengubah file tersebut via offline.

Cara ini terbilang cukup sederhana dan bisa kamu lakukan dengan mudah. Bahkan, kamu tidak memerlukan software khusus untuk menggunakan cara ini. 

Sebagai informasi, Jika versi Microsoft Word kamu ada di atas 2007 kamu tak perlu menginstall add-in Microsoft save as Pdf atau XPS. Namun, jika versi yang kamu punyai di bawah versi 2007, install add-in terlebih dahulu, ya. Berikut caranya.

  • Tekan tombol tab File atau logo Microsoft Office, khusus pengguna Microsoft office 2007, yang terdapat di samping kiri atas
  • kemudian pilih opsi Save As
  • Selanjutnya, pilih lokasi file dokumen yang kamu butuhkan. Di kolom file name, tuliskan nama untuk dokumen pdf milikmu. Cek pada kolom Save as type pilih PDF dan Jangan salah tekan
  • Beri tanda centang pada pilihan Open file after publishing. Namun, ini bersifat opsional sih. Apalagi jika kamu menghendaki tampilan file terbuka secara otomatis ketika telah di convert ke pdf, tak perlu tambahkan centang
  • Klik tombol Save. Tunggu beberapa saat, semakin besar ukuran dokumen maka waktu convert file akan semakin lama
  • Setelah selesai, file word kamu berhasil kamu ubah menjadi pdf. mudah bukan?

Tentunya kamu sudah paham dong bagaimana caranya mengubah file Word menjadi PDF. Semoga artikel ini dapat membantu dan memudahkan kamu dalam mengubah file Word menjadi PDF. Jika kamu membutuhkan tutorial lainnya kamu dapat request di kolom komentar ya sobat!

Related Post

3 Mitos Baterai Smartphone + 8 Tips Agar Lebih Tahan Lama

Cara Beli Meterai Elektronik dan Cara Pasangnya untuk Pendaftaran CPNS 2023

Cara Instalasi dan Nikmati Fitur-Fitur Terbaik di CorelDRAW

Cara Download dan Instal Adobe Photoshop, Edit Foto Secara Maksimal

Tinggalkan komentar