Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN, Istilah Jalur Seleksi PTN di Indonesia

By TeknologiEdu.com

Updated on:

perbedaan snmptn dan sbmptn

Bagi sobat Tekno yang tengah mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi negeri, apakah sobat sudah tau perbedaan snmptn dan sbmptn? Apakah sobat semua sudah siap untuk mengikuti proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri?

Perlu diketahui bagi sobat yang tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Bahwa ada beberapa jalur seleksi yang bisa sobat gunakan untuk masuk ke perguruan tinggi yang sobat impikan.

Jika sobat belum mengetahui apa perbedaan dari UTBK, SBMPTN dan SNMPTN di sini Mintekno akan sedikit menjelaskan mengenai hal tersebut.

SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Ketiga istilah tersebut sebenarnya adalah hal yang sama, yaitu proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Namun, walau terbilang sama-sama proses seleksi, perbedaan istilah berikut harus sobat ketahui dan bisa bedakan antara ketiganya agar sobat tidak salah mendaftar. Silakan, sobat simak baik-baik perbedaan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN berikut ini!

Sebenarnya Apa sih Perbedaan SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN itu?

SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN Ketiganya merupakan jalur seleksi yang dilakukan oleh seluruh Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang dilakukan serentak dengan proses seleksi yang terpusat.

Sobat harus mengetahui dan memahami perbedaan antara ketiganya. Hal ini bermanfaat bagi sobat dalam mengatur strategi untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri.

SNMPTN

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah sistem seleksi atau penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan.

Sistem seleksi yang diterapkan di SNMPTN-pun cukup sederhana, yaitu dengan memperhitungkan nilai rapor atau prestasi calon mahasiswa baru selama sekolah.

Cara seleksinya adalah dengan mengakumulasikan nilai semester 1 hingga semester 5. Nilai yang diakumulasi adalah nilai pengetahuan tanpa nilai keterampilan.

Selain nilai rapor, nilai non-akademik seperti ekstrakurikuler  dan Akreditasi sekolah asal calon mahasiswa baru juga menjadi bahan pertimbangan jalur seleksi SNMPTN.

Untuk mengikuti SNMPTN kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Berbeda dengan UTBK-SBMPTN, jika kamu mengikuti jalur ini maka kamu perlu mengeluarkan sedikit uang sebesar Rp200.000,00 untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum, dan Rp300.000,00 untuk kelompok Campuran.

Pembayarannya pun harus dilakukan ke bank yang telah ditentukan sebelum hari penyelenggaraan ujian. Jika tidak, sobat tidak bisa mendapatkan kartu peserta ujian UTBK.

Sistem seleksi SNMPTN pertama kali dikenalkan ke masyarakat pada tahun 2008. Jalur ini memungkinkan calon mahasiswa baru untuk bisa masuk perguruan tinggi negeri tanpa harus mengikuti ujian tertulis atau UTBK.

UTBK

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah tes masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan LTMPT. LTMPT sendiri merupakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi dan satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia. UTBK terdiri dari 2 jenis seleksi, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Materi TPS

  • Penalaran Umum
  • Pengetahuan Kuantitatif
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis

Materi TKA

Kelompok Saintek :

  • Matematika IPA
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

Kelompok Soshum :

  • Ekonomi
  • Geografi
  • Sejarah
  • Sosiologi

UTBK sendiri merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi atau SBMPTN. Tanpa mengikuti UTBK, mustahil kamu bisa mengikuti proses SBMPTN.

Karena hasil dari UTBK nantinya akan sobat gunakan untuk seleksi di SBMPTN. Calon mahasiswa baru yang mendaftar UTBK hanya boleh mengikuti satu tes sesuai dengan kelompok tes yang mereka ikuti (SAINTEK, SOSHUM atau campuran).

Hasil UTBK juga bisa sobat gunakan untuk mendaftar PTN jalur mandiri sebagai bahan seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru jalur seleksi mandiri 2022.

Jalur mandiri sendiri adalah jalur penerimaan calon mahasiswa baru yang dilakukan secara mandiri oleh Perguruan Tinggi di Indoensia baik Negeri maupun Swasta.

SBMPTN

SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah proses lanjutan setelah proses UTBK. Dalam sejarah proses seleksi perguruan tinggi negeri di Indonesia, SBMPTN awalnya bernama SNMPTN. Namun bedanya, SBMPTN bernama SNMPTN Tulis dan SNMPTN yang satu lagi bernama SNMPTN Undangan.

SBMPTN sendiri adalah jalur yang mewajibkan calon mahasiswa baru untuk mengikuti tes tertulis. Nantinya, nilai dari hasil ujian yang sobat kerjakan, akan menentukan diterima atau tidaknya di perguruan tinggi negeri yang sobat pilih.

Kabarnya di tahun 2022 mendatang, ada beberapa perbedaan ketentuan untuk mendaftar SBMPTN. Untuk bisa mengikuti SBMPTN 2022, calon mahasiswa baru harus mengikuti UTBK sebagai nilai yang akan sobat gunakan untuk bersaing di SBMPTN.

Itulah sedikit penjelasan mengenai perbedaan snmptn dan sbmptn dan arti masing-masing dari istilah UTBK, SBMPTN, dan SNMPTN. Semoga dapat membantu kamu dalam memahami perbedaanya.

Related Post

Beasiswa LPDP kini Beserta Dana Tunjangan Keluarga, Cek Ketentuannya!

Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh, Kenali Jadwal dan Fasilitasnya

Cara Mengecek Pengumuman dan Mengajukan Sanggah Seleksi Administrasi CPNS 2023

Cara Naik LRT JABODETABEK: Kenali Rute, Jadwal dan Tarifnya

Tinggalkan komentar