Gratis! Begini Cara Download Windows 11 dengan Mudah

By TeknologiEdu.com

Updated on:

Cara Download Windows 11

Anda bisa mencoba mengunduh Windows 11 sekarang karena Microsoft telah mengumumkan rilis sistem operasi terbaru ini beberapa bulan yang lalu. Windows 11, yang merupakan penerus Windows 10, mulai tersedia pada Selasa, 5 Oktober 2021. Anda dapat mengunduhnya secara gratis.

Panos Panay, Chief Product Officer, Windows + Devices, mengatakan, “Hari ini adalah hari bersejarah bagi Windows. Pada 5 Oktober, Windows 11 mulai tersedia secara gratis melalui pembaruan di Windows 10 yang memenuhi syarat.”

Selain pembaruan gratis, Windows 11 juga tersedia untuk dibeli jika Anda memiliki PC atau perangkat komputer baru.

“Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan Windows 11, yang akan membawa pengalaman pengguna lebih dekat dengan apa yang Anda inginkan dan akan menginspirasi Anda untuk berkreasi,” tambah Panay.

Microsoft telah merilis versi beta Windows 11 pada awal Agustus. Pengguna Windows 10 yang memenuhi syarat akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara gratis. Windows 11 juga akan terinstal di perangkat baru yang dijual dengan Windows 11.

Jika Anda menggunakan Windows 10, notifikasi tentang ketersediaan Windows 11 akan muncul di menu Windows Update. Jika pembaruan belum tersedia, itu mungkin akan dirilis secara bertahap. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh Windows 11 secara gratis.

Cara Download Windows 11

Mendapatkan Windows 11 dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu “Pengaturan” pada perangkat komputer Anda (PC Desktop/Laptop).
  2. Pilih opsi “Pembaruan Windows” atau “Update Windows”.
  3. Klik “Periksa Pembaruan”. Jika ada pembaruan yang tersedia, opsi “Pembaruan Fitur ke Windows 11” akan muncul.
  4. Untuk mengunduh pembaruan Windows 11, klik “Download” atau “Unduh” dan pilih “Install” pada menu yang muncul.
  5. Tunggu hingga proses instalasi Windows 11 selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengunduh dan menginstal Windows 11 pada perangkat komputer Anda.

Sebelumnya, Microsoft mengumumkan, CPU yang mendukung Windwos 11 adalah Intel generasi 8 atau yang lebih baru. Namun, belakangan Microsoft mengatakan bahwa ada solusi yang bisa digunakan untuk menginstal Windows 11 untuk perangkat lama.

PC dengan CPU lama yang tidak lolos uji pembaruan secara resmi, bisa menginstal Windows 11 secara manual lewat file ISO. Metode ini bisa dilakukan selama PC memiliki CPU 64-bit dual core, kecepatan minimal 1 GHz. Perangkat juga harus memiliki RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 64 GB, serta chip TPM 1.2.

Namun, jika perangkat lama dengan kondisi tersebut memaksa upgrade ke Windows 11, perangkat tidak mendapatkan akses ke pembaruan Windows atau patch keamanan.

Jika perangkat tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11, Microsoft masih akan memberikan dukungan untuk Windows 10 hingga 14 Oktober 2025, sebagaimana dihimpun dari The Verge, Selasa 5 Oktober 2021.

Tentang Windows 11

Sedikit tentang Windows 11, sistem operasi teranyar ini hadir dengan desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih. Fitur seperti manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, dan dukungan aplikasi Android turut dihadirkan di OS Windows terbaru ini.

Perubahan yang paling mencolok terlihat di bagian antarmuka, khususnya pada taskbar dan menu Start. Berbeda dari versi sebelumnya, kedua menu tersebut kini sudah tidak lagi berada di samping kiri, tetapi bergeser ke sisi tengah seperti di tampilan MacOS.

Item seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih sama, yaitu berada di sisi kanan taskbar. Sementara itu, menu Start kini berada tepat di tengah. Soal tema, UI Windows 11 tampil lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang terlihat segar. Ini merupakan salah satu perubahan lainnya yang terlihat di Windows 11.

Microsoft juga mengumumkan beberapa aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store, dan bisa berjalan di Windows 11 tanpa perlu modifikasi khusus, seperti aplikasi media sosial dan game.

Related Post

3 Mitos Baterai Smartphone + 8 Tips Agar Lebih Tahan Lama

Cara Beli Meterai Elektronik dan Cara Pasangnya untuk Pendaftaran CPNS 2023

Cara Instalasi dan Nikmati Fitur-Fitur Terbaik di CorelDRAW

Cara Download dan Instal Adobe Photoshop, Edit Foto Secara Maksimal

Tinggalkan komentar