Ini Penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down Berjamaah

By TeknologiEdu.com

Updated on:

Penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down

WhatsApp, Instagram, dan Facebook down berjamaah cukup lama sehingga membuat banyak orang kelimpungan sebelum berhasil pulih kembali. Gangguan menerpa berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Pantauan min-Tekno di situs Downdetector pada Senin 4 Oktober 2021 malam waktu Indonesia barat, WhatsApp, Instagram dan Facebook tengah mengalami kendala. Ribuan laporan komplain dari para user sudah diterima oleh situs tersebut.

Kendala koneksi ke server menjadi yang paling banyak di keluhkan pengguna WhatsApp. Selain itu mereka mengaku tidak bisa menerima pesan. Sementara banyak pengguna Instagram mengeluh tak bisa memperbarui news feed. Bahkan beberapa yang lain tak bisa log-in.

Tagar #WhatsApp dan #InstagramDown pun membanjiri Twitter yang sering digunakan netizen untuk berkeluh kesah jika ada layanan media sosial yang mengalami kendala.

Lewat akun Twitter, Facebook mengakui beberapa penggunanya mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk-produknya. Mereka pun coba melakukan investigasi mencari penyebab masalah.

“Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis akun Facebook.

Akun Twitter milik WhatsApp pun sudah berkicau soal masalah yang terjadi di layanannya. Seperti Facebook, mereka tengah menyelidiki biang kerok gangguan yang terjadi pada penggunanya di seluruh dunia.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin,” ujar akun WhatsApp.

Penyebab WhatsApp Instagram dan Facebook down

WhatsApp, Instagram dan Facebook akhirnya mulai berangsur pulih usai lebih dari 6 jam down. Pengguna sudah mulai bisa mengirim dan menerima pesan, memperbarui feed serta memposting Stories.

“Kepada komunitas besar orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung pada kami: kami minta maaf. Kami telah bekerja keras untuk memulihkan akses ke aplikasi dan layanan kami dan dengan senang hati melaporkan bahwa mereka telah kembali online sekarang. Terima kasih telah menemani kami,” sebut Facebook.

Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook juga minta maaf. “Facebook, Instagram, WhatsApp dan Messenger sudah kembali online sekarang.

Maaf untuk gangguan hari ini, saya tahu betapa besar Anda bergantung pada layanan kami untuk tetap terkoneksi dengan orang-orang yang Anda sayangi,” tulis Zuck di Facebook.

Vice President of Engineering and Infrastructure Facebook Santosh Janardhan dalam blognya mengatakan tumbangnya ketiga layanan itu disebabkan oleh perubahan konfigurasi di router backbone. Tapi Janardhan tidak memberikan penjelasan yang lebih detail.

“Tim teknisi kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini,” kata Janardhan dalam blognya

“Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami,” sambungnya.

Janardhan juga mengatakan gangguan ini tidak disebabkan oleh hacker atau percobaan untuk mengambil data pengguna. Ia juga memastikan tidak ada data pengguna yang bocor selama gangguan ini terjadi.

Related Post

Review Aplikasi SnapChat Serta Cara Menggunakannya

Sejarah Perjalanan Global TikTok: Dari Pembatasan hingga Strategi Bisnis

2 Cara Menghapus Halaman Facebook dengan Cepat Kenali Juga Dampaknya

Cara Live Streaming di Facebook dengan Mudah Hanya Lewat HP

Tinggalkan komentar