6 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Youtube Terbaru

By TeknologiEdu.com

Updated on:

Penghasilan Youtube

Mendapat penghasilan tambahan dari youtube atau menjadi Youtuber misalnya, saat ini memang tengah menjadi idaman bagi kebanyakan kaum muda. Di samping memberikan kebebasan berkreasi, menjadi Youtuber juga bisa menjanjikan penghasilan yang mumpuni. Bahkan, penghasilan para YouTuber bisa disejajarkan dengan mereka yang memiliki profesi dengan gaji tertinggi di suatu perusahaan.

Tentu saja, dengan mengunggah video ke YouTube apalagi bisa menarik banyak penoton, akan berpotensi mendapatkan penghasilan dari video tersebut. Banyak orang yang mendadak sukses dan memiliki banyak uang berkat penghasilan dari YouTube.

Dengan penghasilan yang cukup menjanjikan tersebut, saat ini ada banyak artis yang juga ikut tergiur untuk menjadi Youtuber. Sebut saja Raffi Ahmad yang dikabarkan berhasil meraup untung dari konten YouTube diperkirakan US$ 39.000-US$ 624.700 tiap bulannya atau kira-kira Rp 561,60 juta-Rp 9 miliar.

Ada juga Baim Wong yang telah memiliki jumlah subscribers YouTube hingga 18,8 juta dengan jumlah penonton akumulatif channel mereka adalah sebanyak 3,24 miliar. Diperkirakan, pendapatan kanal  Youtube Baim dan Paula ini mencapai US$ 26.600-US$ 425.000 per bulan atau kira-kira sama dengan Rp 383,04 juta-Rp 6,12 miliar.

Lalu bagaimana cara seorang YouTuber mendapatkan penghasilan?

Salah satu cara mendapatkan penghasilan dari YouTube adalah dengan monetisasi channel Youtube yang sudah memenuhi syarat. Memonetisasi berarti, seorang Youtuber mengizinkan YouTube untuk menaruh iklan di video yang ada di channel Youtube.

Tarif aktual yang dibayarkan pengiklan bervariasi, biasanya antara US$ 0,01 – US$ 0,03 per tampilan, namun rata-rata yang diberikan adalah US$ 0,18 per penampilan. Rata-rata saluran YouTube dapat menerima US$ 18 per 1000 tampilan iklan.

Itu baru penghasilan dari monetisasi Youtube. Ada banyak cara lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang sebagai YouTuber dengan hasil yang lebih besar pastinya.

1.  YouTube Partner Program (YPP)

YouTube Partner Program (YPP) memungkinkan para kreator untuk memonetisasi konten mereka di YouTube. Tapi, tidak semua channel bisa bergabung dengan program ini. Hanya yang sudah memenuhi syarat yang dapat memonetisasi konten pada channel Youtubenya.

Untuk dapat memonetiasai konten dan bergabung dengan YPP, channel youtube kamu harus ditonton selama 4.000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir dan memiliki minimal 1.000 subscriber. Ketentuan ini memungkinkan YouTube untuk mengevaluasi kanal yang mendaftar.

Selain ketentuan di atas, kamu juga harus memastikan hanya memiliki satu akun Google AdSense saja, karena Adsense hanya mengizinkan satu akun untuk penggunanya. Jangan lupa mendaftarkan akun AdSense kamu saat mendaftarkan kanal di YouTube Partner Program.

2. Memperoleh Uang dari YouTube dengan Iklan

Setelah terdaftar pada YPP, kamu akan mendapatkan lebih banyak tools yang bermanfaat untuk kreator. Tidak hanya itu, kamu tentu saja sudah bisa memasang iklan dan mendapatkan uang dari YouTube.

Agar video kamu bisa di pasangi iklan, pastikan jika video tersebut menuruti ketentuan YouTube tentang konten ramah pengiklan. Jika video kamu mengandung topik yang sensitif, lebih baik matikan monetisasi di video tersebut agar tidak dicekal dari YPP.

Cara mengaktifkan iklan di video YouTube adalah login ke YouTube dan masuk ke studio.youtube.com. Di menu sebelah kiri klik Videos. Pilih satu video dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Pilih jenis iklan yang ingin kamu tampilkan lalu klik Save.

3. Rak Merchandise

Rak merchandise memungkinkan kamu menjual pernak-pernik resmi yang terkait dengan brand dan kanal kamu. Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang dari YouTube kamu harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Untuk mengaktifkan fitur ini, login ke YouTube Studio. Di menu sebelah kiri klik Monetization dan klik tab Merchandise. Kamu hanya akan melihat opsi ini jika channel kamu eligible. Ikuti petunjuk yang ada di layar.

4. Keanggotaan Channel

Keanggotaan channel semacam grup penggemar untuk channel YouTube kamu. Subscriber setia kamu bisa membayar biaya keanggotaan bulanan dan sebagai gantinya mereka akan menerima konten khusus dari kamu.

Untuk mengaktifkan fitur ini kamu harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber. Cara mengaktifkannya login ke akun Google kamu, pilih tab Memberships, klik Get Started dan ikuti petunjuk di layar.

5. Super Chat dan Super Stickers

Super Chat dan Super Stickers adalah cara kamu untuk berinteraksi dengan subscriber dan penggemar lewat live chat. Agar kamu bisa mendapatkan uang, penggemar kamu bisa membayar agar pesan yang mereka kirim bisa kamu sorot di live chat.

Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang, login ke YouTube Studio dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri. Di menu sisi atas yang ada di dashboard utama, klik Live Chat lalu Get Started. Ikuti petunjuk yang ada di layar.

6. YouTube Premium

Cara mendapatkan penghasilan dari YouTube lainnya adalah dengan mendapatkan YouTube Premium Revenue. YouTube memang memiliki opsi berlangganan yang bernama Youtube Premium.

Jika seorang pengguna YouTube Premium menonton video yang kamu unggah, nantinya kamu akan mendapatkan porsi dari biaya berlangganan yang akan pengguna tersebut bayarkan.

Kamu tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengaktifkan fitur ini. Tapi selalu pastikan konten kalian mengikuti panduan komunitas YouTube agar bisa mendapatkan uang dari YouTube Premium.

Itulah 6 Cara untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan dari Youtube. Semoga bermanfaat ya Sobat Tekno.

Related Post

Cara Mengidentifikasi Tren Pasar Saham untuk Keputusan Pembelian yang Bijak

Perbedaan Antara Saham Biasa dan Saham Preferen dalam Investasi

Cara Mengatasi Risiko dalam Investasi Saham

7 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Jenis Saham yang Akan Dibeli

Tinggalkan komentar