WhatsApp Siapkan Fitur Transfer Riwayat Chat dari Android ke iPhone

By TeknologiEdu.com

Updated on:

Transfer chat

Belum lama berlalu whatsApp telah meluncurkan fitur transfer riwayat chat dari iPhone ke Android. Tidak lama kemudian, mereka mulai menghadirkan fitur sebaliknya, yaitu transfer chat dari Android ke iPhone. Fitur baru ini masih terbatas hanya ada di ponsel Samsung dengan OS Android 10 ke atas.

Informasi kehadiran fitur baru ini pertama kali ada pada laman WABetaInfo di aplikasi WhatsApp beta untuk Android versi 2.21.19.1. WABetaInfo kerap memberi bocoran informasi fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Pihaknya mengatakan saat ini fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan dan belum siap untuk uji coba beta. Belum diketahui bagaimana proses transfer riwayat chat WhatsApp dari Android ke iPhone. Tapi kemungkinan akan sama seperti fitur transfer chat dari iPhone ke Android yaitu membutuhkan kabel Lightning ke USB-C.

Dengan fitur Chat Migration, pengguna Android yang berencana beralih menggunakan ponsel buatan Apple akan bisa memindahkan riwayat chat, termasuk teks, foto, video, dan lainnya ke iPhone baru miliknya.

Dibutuhkan juga aplikasi khusus bernama ‘Move to iOS’ buatan Apple. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk memindahkan data-data mereka saat pindah dari ponsel Android ke iPhone, dan saat ini sudah tersedia di Google Play Store.

Migrasi Chat dari iPhone ke Android

Untuk Chat Migration dari iPhone ke Android yang telah rilis, WhatsApp mengklaim proses transfer data percakapan tidak melewati server WhatsApp, melainkan langsung antar-perangkat.

Sayangnya saat fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android diluncurkan, fitur tersebut masih terbatas untuk ponsel Samsung saja.

WABetaInfo mengatakan, untuk fitur transfer chat dari Android ke iPhone kemungkinan akan tersedia untuk semua ponsel Android yang sudah menjalankan versi tertentu, seperti dikutip dari XDA Developer, Kamis 9 September 2021.

Karena masih dalam tahap pengembangan informasi tentang fitur baru ini masih sangat sedikit. Begitu memasuki tahap uji coba beta, kemungkinan akan ada lebih banyak informasi yang terungkap, termasuk cara kerja dan ketentuannya.

Kapan Whatspp akan meluncurkan fitur ini juga belum diketahui secara pasti. Karena masih dalam tahap pengembangan, mungkin WhatsApp baru akan meluncurkannya beberapa bulan kemudian.

Fitur transfer chat antar platform memang merupakan salah satu fitur yang paling dinanti di WhatsApp. Selama ini pengguna WhatsApp hanya bisa mentransfer chat ke sesama ponsel Android atau sesama iPhone. Keduanya menggunakan sistem backup ke penyimpanan cloud yang berbeda.

Karena baru diluncurkan tahun ini, WhatsApp pun sempat diejek oleh Telegram yang sudah memiliki fitur transfer chat antar platform sejak lama. Lewat cuitannya di Twitter, Telegram seolah menyebut WhatsApp ketinggalan zaman.

Related Post

Review Aplikasi SnapChat Serta Cara Menggunakannya

Apa Itu Outlook? Berikut Manfaat dan Fitur Unggulannya

Apa Itu ChatGPT? Berikut Informasi Lengkap dan Cara Pakainya

iOS 17 Meluncur dengan Fitur Baru Journal dan Standby Mode

Tinggalkan komentar