Mantap! LG Chem Umumkan Teknologi Baru Layar Lipat Fleksibel dan Sekeras Kaca

By TeknologiEdu.com

Updated on:

LG Chem

TeknologiEdu.comSebagai salah satu anak usaha LG, kini LG Chem mengumumkan telah mengembangkan bahan layar lipat baru yang membuat bagian layar sekeras kaca, namun tetap fleksibel seperti plastik. Simak kecanggihannya!

LG Electronics mungkin telah menarik diri dari bisnis smartphone, namun pada divisi lainnya ia masih tetap kuat. Menurut LG, teknologi lapisan layar ini bakal meningkatkan kekuatan layar pada ponsel layar lipat atau foldable.

Chang Do Ki, VP and Division Leader of Advanced Materials, mengatakan teknologi tersebut bernama Real Folding Window. “Ini adalah langkah menuju penyelesaian masalah yang ditemukan pelanggan pada perangkat lipat saat ini, yaitu lipatan dan daya tahan,” ujarnya. Dikutip GSM Arena, Rabu, 08 September 2021.

Teknologi yang digunakan pada layar itu mampu meningkatkan daya tahan dan kekuatan panel yang dapat dilipat. Bahan pelapis yang dikembangkan secara khusus diterapkan pada film PET transparan (resin polimer termoplastik).

Dengan hanya beberapa mikrometer bahan baru di kedua sisi lembaran, dapat membuat panel tahan panas seperti plastik tipis yang akan memberikan daya tahan yang lebih baik. “Teknologi baru akan muncul pertama kali di ponsel dan akan diikuti dengan laptop dan tablet nanti,” kata Do Ki.

Lapisan Layar LG Chem Dapat Dilipat ke Luar Maupun ke Dalam

Menurut LG tak ada material plastik yang dipakai di lapisan layar ini. Artinya pabrikan ponsel foldable bisa langsung memakai lapisan ini tanpa perlu melakukan perubahan desain besar-besaran.

“Tak seperti polymide film dan material mirip tempered glass yang ada saat ini, lapisan ‘cover window’ yang memakai lapisan LG Chem baru ini bakal memaksimalkan fleksibilitas, dan juga memberikan solusi optimal untuk ponsel foldable seperti peningkatan di masalah kronis seperti bekas lipatan di bagian penghubung layar,” ujar juru bicara LG Chem.

Keunggulan utama dari Rear Folding Window ini menurut LG adalah tingkat kekerasannya. Material baru yang dipakai untuk melapisi itu akan lebih tipis dibanding tempered glass yang ada saat ini namun punya tingkat kekerasan yang sama.

Selain itu, meski tak menggunakan material plastik sama sekali, LG Chem mengklaim bahwa panel itu dapat menahan 200.000 kali lipatan. Hal ini memungkinkan tampilan bebas kusut.

Material baru tersebut akan memungkinkan layar dilipat ke dalam dan ke luar. LG menjanjikan kalau lapisan ini bisa mengurangi bekas lipatan yang lazim ada di ponsel foldable.

Bekas lipatan ini adalah salah satu hal yang sampai saat ini masih menjadi kekurangan utama di ponsel foldable. Yaitu adanya bekas lipatan pada bagian layar yang menekuk, hal itulah yang coba ditingkatkan oleh LG lewat lapisan barunya ini.

Soal ketahanan, lapisan baru ini dijanjikan sangat tahan lama. Sejauh ini sudah diuji sebanyak 200 ribu lipatan dan masih bisa mempertahankan kualitasnya.

Sayangnya, lapisan baru ini belum bisa diproduksi secara massal dalam waktu dekat. LG Chem menyebut produksinya paling cepat baru bisa dilakukan pada awal 2022. Produksi massal baru bisa dilakukan paling cepat tahun 2023.

Related Post

Fakta Dibalik Penurunan Harga iPhone 14 Secara Drastis

Tiga Ponsel Xiaomi yang Telah Diperbarui ke Android 14

iOS 17 Meluncur dengan Fitur Baru Journal dan Standby Mode

Rekomendasi Laptop Terbaik 2023 untuk Teknik Kimia

Tinggalkan komentar