8 Tips Ampuh Mempercepat Koneksi Internet pada Smartphone Android

By TeknologiEdu.com

Updated on:

Koneksi internet

Bagi hampir semua pengguna smartphone, memiliki koneksi internet yang cepat adalah suatu hal yang penting. Sebab, koneksi internet yang cepat dibutuhkan untuk banyak hal. Misalnya untuk bayar tagihan listrik, jual beli online, dll.

Bayangkan saja jika saat digunakan untuk transaksi koneksi internet kamu buruk apalagi jika kamu sedang melakukan transfer, hal ini akan menyita waktu kamu.

Kendati demikian, masalah koneksi internet yang melambat tak selalu dari provider yang kamu gunakan. Hal ini bisa juga berasal dari ponsel yang kamu punya. Perihal cara mempercepat koneksi internet sebenarnya tidak susah.

Tips Mempercepat Koneksi Internet pada Smartphone

1. Hapus Cache Penelusuran

Koneksi internet

Sedikit informasi, cache merupakan data yang bersifat temporary atau sementara. Cache mampu mencatat seluruh aktivitas ketika kamu menggunakan sebuah aplikasi. Keunggulan cache ini mampu membuat kinerja smartphone menjadi lebih gesit. Khususnya saat mengakses aplikasi.

Namun, jika kamu sering menggunakan aplikasi yang biasanya kamu pakai akan menyebabkan cache ini menumpuk. Cache akan memakan penyimpanan internal pada smartphone yang kamu miliki apabila kamu hanya membiarkan menumpuk dan akan berdampak pada ponsel menjadi lembat saat beroperasi. Akibat penumpukan cache hal ini juga mampu mempengaruhi melambatnya koneksi internet pada smartphone yang kamu miliki.

Solusinya adalah kamu harus rajin untuk membersihkannya. Baik dengan menggunakan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau sejenisnya. Kamu juag dapat membersihkannya secara manual dengan membersihkan satu persatu pada menu aplikasi yang kamu install.

2. Manfaatkan Ad-Blocker

Salah satu fakta yang membuat koneksi internet menjadi lemot adalah karena kamu tidak memblokir iklan yang tampil pada aplikasi yang kamu gunakan. Kehadiran iklan ini akan memakan data lebih banyak guna mengakomodir tampilan. Bahkan, disebutkan juga jika iklan dapat menyedot hingga 80 persen dari kuota internet kamu.

Oleh karena itu, kamu perlu banget untuk memblokir iklan-iklan tersebut. Salah satu rekomendasi aplikasi yang mimin Tekno saranin adalah Adblocker. Kamu dapat mengunduhnya secara gratis di Google Play Store. Namun jika smartphone yang kamu gunakan tidak memungkinkan untuk mengunduh aplikasi tersebut, kamu dapat menggunakan browser yang telah disematkan performa Adblocker seperti UC Browser maupun Opera Browser.

3. Aktifkan Data Saver

Koneksi internet

Bagi kamu yang merasa kuota internetmu cepat habis, kamu dapat mencoba untuk mengaktifkan data saver. Dilengkapi dengan data saving ponsel secara otomatis, akan mampu menghemat penggunaan kuota internet kamu.

Fitur ini memungkinkan pula mendongkrak koneksi internet kamu menjadi lebih cepat. Kamu dapat mengompres gambar pada browser menjadi ukuran paling kecil atau mematikan muatan gambar tersebut agar proses loading melalui browser lebih lancar.

4. Atur Jaringan pada Smartphone

Jika kamu menginginkan koneksi internet kamu lebih cepat, ada baiknya kamu mengatur jaringan ke 3G atau 4G. Namun, jika smartphone kamu belum mendukung jaringan 4G, kamu tetap dapat mengaktifkan fitur 3G atau 4G.

Caranya dengan masuk ke menu setting >> klik opsi more >> pilihan mobile network >> pilih network mode dan pilih jaringan 3G atau 4G.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Speed Optimizer. Berdasarkan informasi yang ada, Aplikasi ini mampu meningkatkan performa koneksi jaringan internet hingga 200 persen.

Speed Optimizer memiliki kinerja dengan menerapkan tweak khusus. Artinya, mereka memberikan kebebasan dalam memilih ataupun mengatur kecepatan koneksi yang kamu perlukan. Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa dipakai jika ponsel kamu sudah melakukan root.

5. Manfaatkan Aplikasi VPN

Koneksi internet

Cara mempercepat koneksi internet kelima ini adalah dengan memanfaatkan Aplikasi VPN. Tersedia banyak aplikasi VPN yang bisa kamu unduh secara gratis di Google play store. Kamu dapat mengunduhnya dengan rating terbaik.  Umumnya VPN digunakan untuk membuka situs yang telah diblokir oleh pemerintah.

Sistem kerja dari VPN adalah dengan merubah alamat IP ponsel kamu dengan VPN khusus yang mampu mempercepat koneksi internet.

6. Setting User Agent di Hp

Saat ini banyak website telah dipersonalisasi agar tampilannya mampu mendukung tampilan perangkat mobile. Namun kenyataanya, masih banyak ditemukan orang yang justru memaksa tampilan web pada ponsel.

Hal ini akan membuat koneksi internet akan semakin melambat. Namun, kamu bisa mengambil langkah seperti merubah user agen pada browser kamu menjadi mobile. Tujuannya supaya data yang telah dikompres matching atau sesuai dengan tampilan mobile.

7. Matikan Tethering

Koneksi internet

Dalam keadaan genting, aktivitas tethering atau hotspotan tentunya pernah kita lakukan ketika kuota internet sedang habis. Sekilas memang aktivitas tersebut nampak tak ada yang aneh. Namun, Aktivitas tethering ini nyatanya mampu membuat koneksi internet kamu menjadi lebih lambat loh Sobat Tekno.

Sebab, tethering merupakan kegiatan berbagi bandwith dengan perangkat lainnya. Otomatis, jaringan i-net yang ada menjadi lebih kecil karena harus disinkronkan dengan perangkat lain. Bayangkan segelas air yang dikonsumsi sendiri atau dibagi tentunya banyak jika dikonsumsi sendiri bukan?

Jika kamu tak mau hal ini memperlambat koneksi i-net segera matikan tethering ini ya! Agar, jaringan internet kamu bisa kembali terfokus pada smartphone kamu.

8. Hanya Buka Aplikasi yang Diperlukan

Membuka banyak aplikasi dalam sekali waktu nyataanya dapat mempengaruhi kecepatan tangkapan jaringan di smartphone. Meski terlihat sepele, tapi hal ini perlu kamu perhatikan. Selain dapat membuat boros baterai juga membuat koneksi i-net makin lambat. Selain itu, akan membuat performa RAM menjadi berat karena harus mengakomodir seluruh aplikasi yang kamu buka.

Ada baiknya, gunakan dan buka aplikasi yang kamu butuhkan saja. Artinya, kamu bakalan lebih ngirit penggunaan apapun termasuk memfokuskan kembali koneksi internet pada ponsel kamu.

Mengandalkan koneksi internet untuk sejumlah aktivitas kini sudah menjadi hal biasa. Banyak yang merasa jengkel ketika i-net mereka melambat dan bahkan seperti mati total. Tak bergerak sama sekali, bahkan untuk sekadar Googling saja bak kura-kura berjalan.

Sebagai catatan, cara-cara tersebut di atas tidak 100% dapat menjadi solusi. Semua bergantung pada keadaan serta provider smartphone yang kamu miliki.

Pastikan provider yang kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan dan tentunya menghadirkan koneksi i-net yang mantap! Jangan tergiur harga murah jika nantinya i-net hanya mampir saja dan tak bertahan lama. Semoga bermanfaat ya sobat Teknologi!

Related Post

3 Mitos Baterai Smartphone + 8 Tips Agar Lebih Tahan Lama

Cara Beli Meterai Elektronik dan Cara Pasangnya untuk Pendaftaran CPNS 2023

Cara Instalasi dan Nikmati Fitur-Fitur Terbaik di CorelDRAW

Cara Download dan Instal Adobe Photoshop, Edit Foto Secara Maksimal

Tinggalkan komentar